GPS Geodetik

Pengertian GPS Geodetik dan GPS Pemetaan serta Manfaatnya  

Apakah GPS Geodetik/GPS Pemetaan Itu?

Semakin pesatnya perkembangan pada teknologi dan sistem informasi membuat semuanya berbasis teknologi, termasuk pada dunia pemetaan.

Dalam melakukan proses pengukuran, dulu para pengukur menggunakan sistem manual seperti theodolite dan penggunaan total station, waterpass dan edm.

Namun pada zaman sekarang semua serba menggunakan teknologi. GPS Geodetik atau GPS Pemetaan merupakan kegiatan survey dan pemetaan yang mengandalkan satelit untuk mengakuisisi datanya.

Terdiri dari kata Global Positioning Sistem, GPS ini merupakan sistem dalam satelit navigasi dan penentuan dari sebuah posisi. Terdapat banyak model GPS, salah satunya ada GPS Geodetik atau GPS Pemetaan.

GPS yang satu ini adalah alat ukur yang menggunakan satelit, alat ini mampu menangkap signal dari L1, L2 atau GNSS. Selain itu GPS ni juga mampu merekam raw data secara umum dan memiliki format Rinex.

Kelebihannya nya dalam data yang dihasilkan oleh GPS geodetik tingkat ketelitian dan keautentikan data yang dihasilkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan GPS Navigasi. Tak hanya itu, bahkan alat ini juga dapat digunakan untuk pengukuran lahan misalnya pada lahan perkebunan, perhutanan dan pertanian. Namun lahan yang diukur memiliki akurasi dari 5 – 10 mm. So, sangat banyak kan keuntungan menggunakan GPS Geodetik ini.

gps-geodetik-v60

GPS Geodetik Juga Memiliki Sistem Dan Posisi Koordinat

Ada beberapa GPS Geonetik atau Gps pemetaan dengan berbagai model dan harga yang berbeda-beda sesuai dengan fitur yang dimilikinya, yakni:

  • Gloss Meter – Paint/ Granite/Tile/Wood ETB686.
  • Self-calibration, no need to be hand adjusted.
  • Calibrated to provided standard (calibration tile).
  • Intelligent design. Simple to use.
  • Long life-span lamp-house.
  • Lightweight and portable to carry.
  • International Standard ISO2813, ASTM D523 (USA).
  • Automatic shutdown.
  • LCD digital display.
  • Precise measurements, excellent repetition performance.
  • Have electrical source pressure shortage indication function.

Itulah salah satu GPS geodetik beserta keterangannya untuk memudahkan Anda memilihnya, adapun berbagai model dan harga beserta fitur yang berbeda di website www.karyamandiritechindo.com.

Bagaimana Cara Memasang Dan Mengoperasikan GPS Geodetik?

Anda tak perlu bingung, untuk cara pemasangan dan pengoperasian dari GPS Geodetik, yaitu:

  1. Pastikan terlebih dahulu akan kelengkapan alat yang meliputi Base Station, Epoch Receiver, Recon Data Collector, Kabel antena-receiver. Dan untuk Rover Epoch GPS Receiver, Recon Data Collector, Tripod, Tribrach, Kabel recon-epoch, GPS Garmin dan Pengunci Recon.
  2. Carilah lokasi pada titik koordinat atau bisa juga menggunakan Google untuk mementukan lokasi, namun apabila Anda menemukan lokasi yang tidak memungkinkan, seperti pada dalam rumah orang, dalam sungai atau ditengah jalan raya ketika Anda akan survey maka Anda dapat menggeser lokasi pengukuran. Hal ini dilakukan dengan mencatat selisih jarak antara data asli dengan jarak yang sesungguhnya sebagai pengkoreksi data.
  3. Gunakam tripod pada permukaan yang datar lalu levelling.
  4. Kemudian pasang Tribach dan epoch GPS dan kunci.
  5. Pasanglah juga Recon data Collector dibawah epoch receiver dengan menggunakan sebuah  pengunci recon. Ini berfungsi agar terlindung dari sinar matahari.
  6. Pasang pula kabel yang menghubungkan recon dengan epoch. Dan jangan lupa untuk memastikan level water tidak berubah.
  7. Selanjutnya ukur ketinggian dari dasar tanah ke epoch GPS Receiver lalu bisa Anda catat Pengukuran tersebut Menggunakan GPS Geodetik
  8. Lalu nyalakan epoch GPS dengan menekan tombol power pada Recon, aturlah waktunya pada home dan mainkan program Field Surveyor.
  9. Setelah itu ganti default name pada kolom file dan pastikan pula bahwa satelit telah mencukupi (minimal 4) untuk proses pengambilan data lebih lanjut. Gunakan info gps dengan klik tombol info. Hal yang mempengaruhi ialah ketinggian gedung akan menghambat penerimaan satelit. Namun jika Anda klik MSR maka fungsinya untuk memulai perekaman data.
  10. Jangan lupa pula untuk memastikan 3 receiver pastikan ketiga receiver karena menggunakan sistem data statistik. Caranya dengan menekan tombol MSR secara bersama-sama. Setelah selesai klik tombol REC secara bersama-sama dari ketiga receiver maka data akan secara otomatis tersimpan.
  11. Jika telah selesai semua maka segera matikan Recon dengan cara klik tombol OFF. Pastikan juga GPS Geodetik/GPS Pemetaan berada dalam keadaan rapi.

Apabila Anda bingung untuk menjalankan program ini, ada beberapa aturan yang harus Anda ketahui, yaitu untuk mengatur satuan, Anda perlu memilih device, menu, setting unit. Dan untuk mengatur koordinat pilih setting, koordinat, system.

Dan yang terakhir untuk memulai pengukuran statik maka Anda dapat memilih pada statis menu. Isi pada data akan meliputi:

  • Point: file name pengukuran.
  • Code: kode pengukuran (boleh tidak diisi).
  • Height: ketinggian dasar tanah dgn epoch receiver.

Nah dengan segala kemudahan menggunakan GPS Geodetik atau GPS Pemetaan. Yuk segera dicoba, semoga membuahkan data yang efisien dan efektif ya!